Dunia maya menawarkan berbagai kemudahan bagi orang-orang yang sibuk. Sekarang kita tidak perlu repot-repot pergi ke pasar atau pusat perbelanjaan untuk mendapatkan suatu produk tertentu yang sedang kita cari. Dengan mudahnya internet memberikan solusi. Toko online adalah solusi berbelanja yang lebih praktis. Sekarang ini sudah semakin banyak bertebaran toko online di dunia maya dengan ragam produk, tinggal pandai-pandai kita memilih sesuai selera.
Nah bicara soal toko online, saya sebagai seorang blogger yang sedikit banyak belajar tentang proses bagaimana membuat sebuah toko online, seringkali memimpikan agar suatu saat kelak saya memiliki toko online sendiri. Dan pertanyaannya adalah kapan saya memiliki toko online sendiri?.
Namun sebelum lebih jauh memimpikan punya toko online sendiri, satu hal yang juga sering bikin saya 'galau' adalah produk apa yang akan saya jual. Karena sesuai fungsinya toko online itu ya untuk menjual produk milik kita, baik itu produk dalam bentuk barang atau jasa. Hmmm...semakin jauh saja tampaknya angan-angan ini. Tapi Yang pasti sih rasanya sudah ada gambaran bagaimana nantinya isi dari toko online saya dan apa yang akan saya jual.
Toko online saya nantinya memiliki tampilan yang responsive yang akan mempermudah pengunjung untuk langsung berbelanja atau membeli produk saya. Gambar-gambar yang ditampilkan adalah gambar-gambar asli hasil jepretan kamera sendiri, dalam arti kata adalah riil produk sehingga calon pembeli lebih yakin dan tidak kecewa nantinya dengan barang yang mereka terima.
Dilengkapi dengan tombol "beli" dan disediakan pula kotak untuk memasukan kupon diskon bagi pelanggan yang memiliki nomor voucher agar calon pembeli membeli dengan harga sedikit lebih murah pada saat-saat tertentu.
Satu hal yang wajib harus ada pada sebuah toko online adalah shopping cart, karena dengan fasilitas ini calon pembeli bisa meninjau ulang produk-produk yang telah mereka pilih dan memastikan untuk proses check out atau proses pembayaran. Lalu pada proses selanjutnya adalah pelanggan akan menerima e-mail konfirmasi dan tinggal membayar dengan cara mentransfer ke rekening bank.
Sebuah toko online harus menampilkan nomor telepon yang bisa dihubungi, harus memiliki halaman sosial media dan alat-alat lain yang fast responsive untuk berhubungan dengan konsumen atau calon konsumen. Hal ini berguna untuk menjalin komunikasi bahkan untuk menerima keluhan dari pelanggan.
Yang tak kalah pentingnya adalah tampilan dari toko online haruslah mencerminkan sebuah toko online yang dikelola secara profesional dan bukan asal-asalan. Hal ini tentunya juga berguna sebagai kesan untuk meyakinkan konsumen. Tampila yang bagus akan membuat betah pengunjung toko online kita. Dan tentu saja tujuannya adalah menjaring sebanyak mungkin pembeli untuk berbelanja.
Jadi sekali lagi pertanyaannya adalah kapan saya punya toko online sendiri?
jawabannya ada dianda sendiri hehe, tinggal action. simak juga cerita saya dalam lomba ini yak
ReplyDeleteyups.. tentunya.
ReplyDelete