Manfaat CSR Bank BNI Bagi Masyarakat


Setiap perusahaan mempunyai sebuah kewajiban untuk ikut terlibat dalam pengembangan masyarakat sosial di sekitarnya. Ada alokasi dana tertentu yang telah dipersiapkan oleh setiap perusahaan untuk mendanai kegiatan sosial perusahaan yang dinamakan CSR (Corporate Social Responsibility). Salah satu perusahaan yang telah memiliki tradisi Corporate Social Responsibility yang kuat adalah Bank BNI. Didirikan sejak tahun 1946, BNI sudah memulai kegiatan CSR-nya sejak dulu kala dan mempunyai tujuan-tujuan yang mencakup antara lain:
  •  Membantu dan meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat serta perbaikan kualitas lingkungan
  •  Membantu pengembangan dan juga jalanya bisnis yang jujur serta bertanggung jawab
  •  Menyebarkan manfaat positive bagi warga masyarakat secara luas dan pada lingkungan di sekitas bisnis berada.
  •  Mendorong tumbuhnya simpati masyarakat luas kepada image perusahaan yang ditujukan untuk membentuk image positive di mata umum
  •  Mendorong tumbuhnya nilai perusahaan dengan membangun reputasi yang baik
  • Mendorong terciptakan pemahaman masyarakat terhadap BNI dengan informasi yang diberikan saat kegiatan Corporate Social Responsibility dilaksanakan.

Bagi masyarakat kecil seperti saya, program Corporate Social Responsibility dari Bank BNI sangat membantu. Tak hanya kepada perseorangan, CSR BNI juga banyak menyasar kepentingan umum misalnya di dunia pendidikan CSR BNI membantuy para siswa SD-SMA untuk tetap bisa belajar dengan pemberian beasiswa. Ada pula beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa  dengan prestasi gemilang namun dengan ekonomi lemah agar potensi bangsa terbaik bisa dikembangkan dengan maksimal.

Tak hanya itu, pada kehidupan sosial yang lebih luas, Corporate Social Responsibility mendorong tumbuhnya usaha mandiri dengan pengadaan kredit lunak ataupun dana hibah yang dikhususkan bagi wirausaha mandiri yang berbasis usaha kreatif yang mampu menjadi produk unggulan baik di pasar dalam negeri maupun pasar luar negeri. CSR BNI bekerja sama dengan berbagai vendor  laptop dan komputer memberikan fasilitas pembayaran cicilan laptop dengan  tanpa bunga sehingga para mahasiswa dan pelajar bisa membeli laptop dengan mudah tanpa terkekang dengan bunga yang tinggi.

Tentunya manfaatkan CSR BNI bagi saya dan lingkungan saya tak bisa dirasakan secara langsung namun saya yakin, dengan dana 400 Milyar yang dipersiapkan oleh BNI untuk dana Corporate Social Responsibility akan mempunyai efek yang sangat positif. BNI menyalurkan dana CSR tersebut bagi pembangunan sarana pendidikan diantaranya adalah pembangunan laboratorium, gedung perpustakaan, ruang kelas dan banyak lagi. Salah satu yang menerima hibah tersebut adalah SMP-SMA Yayasan Az-Zahra Islam Palembang sejumlah 1,79 Milyar. Dengan pembangunan ini ada lebih banyak masyarakat yang merasakan fasilitas pendidikan yang lebih baik dan tentunya lebih murah juga.

Pada awal tahun 2015 ini saja Corporate Social Responsibility BNI telah dipergunakan untuk penanaman 1000 pohon di berbagai daerah dan juga pengembangan komunitas dan usaha. Salah satunya adalah komunitas Songket di Ogan Ilir. Dana CSR tersebut dipergunakan untuk memperkuat pelestarian industri kain songket tradisional yang merupakan juga kebanggaan Indonesia. Dengan bantuan tersebut industri yang hampir tergusur modernisasi tersebut saat ini bisa bertahan dan tetap melestarikan kebudayaan kain songket.

Manfaat CSR secara perseorangan adalah pengunaan dana untuk program bedah rumah di berbagai daerah dan juga bantuan pembangunan sarana dan prasaranan fisik masyarakat seperti jembatan dan pengerasan jalan. Tak heran jika BNI menjelma menjadi salah satu bank terbesar di Indonesia yang dipercaya oleh jutaan nasabah dan juga para pengusaha.

0 Response to "Manfaat CSR Bank BNI Bagi Masyarakat"

Post a Comment

Terima Kasih sudah mampir